Pancake-Alternatif Sarapan Sehat


Chocolate French Silk Pancakes

Super creamy pancakes that taste like French silk with a healthy twist!

  • Prep Time 10 Minutes
  • Cook Time 15 Minutes
  • Difficulty Easy

Ingredients

  • 2 cups Whole Wheat Pastry Flour
  • ¼ cups Cocoa Powder
  • ¼ cups Powdered Sugar
  • ¼ teaspoons Salt
  • 2 teaspoons (heaping) Baking Powder
  • 2 whole Eggs, Well Beaten
  • 2 cups Lite Coconut Milk Plus More If Needed To Smooth Out Batter
  • 2 teaspoons Vanilla Extract

Preparation Instructions

Stir together flour, cocoa powder, sugar, salt and baking powder. Add eggs, milk and vanilla. Stir until dry ingredients are combined and batter is smooth. Preheat a skillet on medium heat. Drop 1/4 cup of batter on the skillet and cook until bubbles form. Flip and cook until lightly browned.

Top with maple syrup or whipped cream.

Jaman dulu Oma, menyebutnya panekuk,… dunia internasional menyebutnya Pan Cake, Indonesia menamainya Serabi,… Bandung menyebutnya Surabi. Bila anda merencanakan meluncur ke Bandung, anda akan menemukan makanan ini yang sudah mendekati komersil. Ada Surabi Enhaii terletak di jalan Setiabudhi dekat kampus NHI Bandung, Surabi Imut terletak di jalan Setiabudhi sebrang Surabi NHI Bandung, ada juga Surabi Cihapit di jalan Cihapit Bandung dekat pasar Cihapit Bandung lalu Surabi Radja jalan Pluto Raya no.1 Bandung dan juga Surabi Arab jalan Dago dekat SMA Santo Aloysius. Yang saya akan bahas adalah Surabi Imut yang berdekatan dengan hotel baru nan megah di kawasan jalan Setiabudi luhur,.. Banana Inn Hotel & Spa

Di Bandung, tepatnya di Setiabudi, arah jalan menuju Lembang, ada satu tempat makan yang menyediakan beraneka macam surabi. Surabi, makanan khas Bandung yang biasanya biasanya cuma berisi oncom, tetapi tidak demikian dengan warung yang satu ini, di tempat ini, Surabi dibuat dalam beraneka rasa, dan dijamin semua rasa yang kita inginkan ada disini. Nama tempatnya “Warung Surabi Imut”.

Di warung ini, kita akan dimanjakan dengan petualangan bermacam rasa surabi yang dibuat langsung di sini. Harganya sangat terjangkau, tergantung dari jenis surabi yang kita pesan, berkisar antara Rp. 2000,- s/d Rp.7000,-. Tidak hanya kalangan remaja yang menyukai temapat ini, tetapi orang tua juga sering berlama-lama mencoba aneka rasa surabi.

Dari menu yang biasa sampai menu yang spesial, mulai dari surabi oncom sampai surabi telur sosis ayam oncom spesial. Anda suka yang manis? tersedia surabi manis berbagai rasa, dari surabi manis biasa sampai surabi kacang cokelat keju susu spesial.

Ternyata yang menjadi kelebihan warung surabi ini, selain memiliki 27 menu surabi, dilengkapi juga dengan minuman yang tidak kalah banyak variannya seperti milk shake, selain Vanilla, Strawberry & Chocolate, tersedia pula Oreo Milk Shake, yang terbuat dari cookies bermerek OREO.

Bagi yang mau mencoba makanan lain juga ada. Ada 4 menu varian Colenak (dari bahan tape singkong) dan 6 menu Pisang Bakar yang rasanya juga jempolan.


(Surabi Keju)

Awal berdirinya Surabi Imut dimulai saat terjadi krisis moneter global, terutama krisis moneter yang terjadi di Indonesia. awalnya Surabi Imut berdiri sejak bulan Juli tahun 1998, Pendirian Surabi Imut ini digagas oleh Bp. Ating Supardi dan putrinya yang bernama Riana Rismawati . Bulan Juli 2001, Surabi Imut pindah tempat ke Jl. Dr. Setiabudi 175 Bandung. Di tempat ini Surabi Imut semakin berkembang bahkan keberadaannnya diakui dan dijadikan contoh oleh banyak kalangan. Tak hanya orang Bandung, para pelancong Bandung pun pasti mengenal Surabi Imut. Digagas oleh Ating Supandi beserta putrinya Riana Rismawati. Bermula dari tenda kecil yang berdiri di trotoar pinggiran Jl. Setiabudi di tahun 1998, maka dinamakan tempat ini Surabi Imut.

“Nama surabi imut diambil, karena awalnya kami berdiri di tempat yang kecil,” tutur Riana. Sebagai wujud keberhasilan dari Surabi Imut, Riana Rismawati sebagai pengelola berhasil menjadikan Surabi Imut sebagai ikon makanan khas Bandung di Jl. Setiabudi, bahkan tidak berlebihan kalau jalan Setiabudi di pelesetkan menjadi Jl Surabi.

Berwirausaha di bidang kuliner ternyata tak hanya mengandalkan rasa. Inovasi menjadi modal yang cukup penting untuk menarik perhatian konsumen. Seperti sajian kuliner tradisional yang satu ini, surabi.

img src=’/images/serabiayamnonkeju.jpg’ alt=’’ />
(Surabi Ayam Keju)

Kegemaran jajan menjadi salah satu penyebab munculnya inovasi. Awalnya hanya sekedar coba-coba olahan baru surabi dengan berbagai variasi topping yang berbeda. Jika biasanya surabi hanya disajikan dengan rasa manis dan oncom, di Surabi Imut disediakan surabi dengan topping sosis, ayam, telur, cokelat, keju dan lain-lain. Ketika berbagai variasi toping itu ditawarkan kepada pelanggan ternyata animo masyarakat cukup besar. Pertengahan tahun 1998 pun warung Surabi Imut sudah dirubung banyak pengunjung.


(surabi badag arab)

Surabi Imut pun berkembang menjadi lebih besar. Tak lagi berada di tenda kecil tapi beralih ke tempat yang lebih luas dan nyaman untuk pelanggan. Dari tahun 2002-2007 Surabi Imut berada di Jl. Setiabudi 175. Namun, karena masa sewa sudah habis, maka di awal tahun 2008 ini, Surabi Imut beralih ke Jl. Setiabudi 194. Yakni bertetangga dengan Banana Inn Hotel & Spa.

Dapatkan 28 rasa surabi. Dari mulai oncom, manis, surabi coklat, coklat keju, pisang keju, telur sosis, telur ayam, vla strawberry, vla coklat, smoke beef mushroom dan surabi bertoping campuran lainnya. Bahkan, untuk surabi special ditambahkan mayonaise.

Karena berbeda, harga Surabi Imut memang sedikit mahal. Untuk satu buah surabi kisaran harga 2 ribu sampai 7 ribuan. Bisa makan di tempat atau bawa ke rumah. Jika dibawa pulang, surabi akan ditempatkan di dalam wadah-wadah styrofoam.


(Surabi oncom)

Makan surabi di malam minggu merupakan pilihan yang sangat tepat, muda-mudi, keluarga penduduk Bandung senang menghabiskan waktu malam minggunya dengan bersantap surabi dengan beraneka rasa di warung Surabi, jalan Setiabudi tepat di seberang Bank Mandiri, dipenuhi dengan muda-mudi dan keluarga yang menghabiskan malam Minggu dengan menikmati variasi Surabi, di tambah Es Buah dan Oreo Shake sebagai pelega tenggorokan. Sungguh nikmat dan nyaman di tengah kepadatan warung yang kira-kira berukuran 30×30 menikmati cita rasa Surabi di malam Minggu. Puluhan bahkan hampir ratusan motor yang parkir memadati kedua sisi jalan di kawasan Setiabudi luhur semakin menyemarakkan suasana malam Minggu yang sangat merakyat. Belum lagi jika melihat jalan yang agak menurun sedikit, barisan sepeda motor kembali terlihat terparkir rapi memadati jalan Setiabudi tepatnya di sekitar kampus STPB atau lebih dikenal sebagai Enhaii, suasana di sana lebih hiruk pikuk dengan kaum muda-mudi yang menghabiskan waktunya dengan bercengkarama sambil menyantap surabi enhaii. Sungguh tidaklah berlebihan kalah bagian atas Jalan Setiabudi pantas di juluki Jalan Surabi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: